About Pusoko Sejati

Sejarah Berdirinya Perusahaan Jamu Pusoko Sejati

Awal mula berdirinya Perusahaan Jamu Pusoko Sejati ini bisa disebut, mengalir begitu saja seiring dengan banyaknya permintaan jamu alami tradisional racikan Tjan Hin Nio.

Tjan Hin Nio adalah seorang wanita Tiong Hoa kelahiran Tuban Jawa Timur yang dalam darahnya telah mengalir kental kebudayaan dan adat adat Jawa. Maka tak heran, sejak kecil ia telah terbiasa bergumul dengan aneka tanaman obat untuk racikan jamu jamu jawa seperti beras kencur, sinom dan jamu jamu jawa lainnya.

Seiring bertambah usia, keahliannya dalam meracik jamu pun terus meningkat. Sampai pada tahun 1950, suaminya Ang Thian Tjong mengalami sakit keras. Sebagai wanita yang sangat percaya bahwa, “Alam menyediakan semua obat untuk segala penyakit”, ia pun meracik sendiri obat (jamu) untuk suaminya dan ternyata suaminya sembuh.

Berita ini pun menyebar dari mulut ke mulut, hingga akhirnya banyak orang Tuban yang sakit lantas datang meminta Tjan Hin Nio untuk mengobati dengan ramuan jamunya. Racikan jamu yang bahan bahannya berasal dari kebun sendiri tersebut, tak disangka juga mampu membuat tubuh peminum lainnya menjadi lebih sehat dan segar.

Kabar baik ini kemudian makin meluas ke seluruh Tuban. Akhirnya karena kewalahan atas permintaan jamu yang begitu besar dari hari ke hari, pada tahun 1960, Tjan Hin Nio memutuskan untuk membuka perusahaan Jamu di Tuban. Bahan bakunya pun tak lagi mencukupi jika hanya mengandalkan kebun keluarga, maka ia mulai memesan bahan baku hingga keluar kota, namun tetap dalam kontrol kelayakan mutunya.

Kemampuan Mengalir ke Jiwa Generasi Selanjutnya

Kemampuan untuk menjiwai seluk beluk jamu, ternyata menurun pada anak ke 7 atau anak terakhirnya, Ang Pek Swie. Tjan Hin Nio pun lantas tak hanya mengajarkan teknik teknik memilih dan mengolah bahan baku jamu, namun juga menanamkan visi misi dan komitmen pada diri Ang Pek Swie.

Visi : Melayani dengan penuh Kasih dan Kejujuran supaya dapat tumbuh menjadi perusahaan herbal yang berguna untuk menyehatkan masyarakat.

Misi :

  1. Mengembangkan mutu dan produk dengan bahan baku yang terjamin kealamian dan kualitasnya.
  2. Mengubah pemikiran masyarakat untuk Back to Nature, Back to Jamu.
  3. Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia.